Manfaat CSS

CSS sering dianggap sebagai suatu hal yang sulit dalam kehidupan sehari-hari. Banyak orang bingung saat awal-awal mempelajari akan hal ini. Padahal CSS ini cukup sangat bermanfaat bagi banyak hal, terutama seputar bidang pekerjaan yang berkaitan dengan komputer, internet, dan IT. Maka dari itu berikut akan dijelaskan penjelasan seputar mengenai CSS, kaitannya dengan HTML, bagaimana cara mempelajari CSS dengan baik agar tidak membingungkan dan rancu untuk dipahami, cara kerja serta fungsi utama dari CSS itu sendiri, keuntungan yang dapat diperoleh dari proses mempelajari akan CSS, serta tak lupa juga membahas akan jenis pembagian dari CSS itu sendiri.

Di era yang lalu mungkin penggunaan komputer dalam bekerja masih sangat terbatas dan digunakan hanya untuk kegiatan sederhana saja seperti mengetik laporan. Namun seiring berkembvangnya waktu di masa kini, peran komputer dan teknologi berkembang hingga menjadi jauh lebih besar. Termasuk salah satu jenisnya dalam penggunaan internet yang lebih spesifik lagia dalam hal seputar CSS. Beberapa kaum awam mungkin masih banyak yang belum mengetahui akan CSS. Namun di masa kini bahkan pelajar di sekolahpun sudah banyak yang mulai diajari akan tata cara menggunakan internet dan aneka manfaat yang dapat diterima dari penggunaan internet tersebut. Maka dari itu dengan tak berpanjang lebar lagi, mari kita simak penjelasan dibawah ini.

Makna Dari CSS

CSS itu sendiri merupakan singkatan dari Cascading Style Sheets, yang jika diterjemahkan secara lebih detail memiliki pengertian sebagai lembar penataan suatu dokumen yang urutannya menurun secara vertikal. Dalam penggunaan secara lebih umumnya, CSS ini berisi sekumpulan perintah yang diberikan kepada suatu situs di website untuk membuat suatu tampilan sesuai dengan yang diperintahkan penggunanya. Perintah ini menggunakan bahasa dalam website yang dikenal sebagai nama mark-up language, dimana bahasa ini adalah format yang umum yang dapat diterima oleh perangkat dalam website itu untuk untuk digunakan dalam proses pembuatan situs hingga bagian kecil di dalamnya.

Sedangkan bahasa yang digunakan umumnya dikenal sebagai istilah HTML. HTML adalah suatu singkatan dari Hypertext Mark Up Language atau sering disebut sebagai bahasa pemrograman. Sama halnya seperti aneka jenis manusia yang umumnya hanya mengerti bahasa dari wilayahnya masing-masing, komputer pun memiliki bahasanya khusus yang hanya bisa dimengerti oleh program di dalamnya untuk melakukan suatu hal. Dan setelah dipelajari hingga dikembangkan oleh manusia, diketahuilah bahasa HTML ini untuk membuat aktivitas menjadi lebih terstruktur dan terperinci saat dikerjakan menggunakan internet, sebagai salah satu jaringan komputer.

Hubungan CSS Dengan HTML

CSS sangat memiliki hubungan yang erat dengan HTML. Bisa dibilang CSS menjadi salah satu bagian penting dari HTML. CSS banyak dimanfaatkan manusia dalam memberi visualisasi yang lebih menarik dari suatu website. Dengan kata lain CSS adalah perlengkapan yang dibutuhkan secara penting dalam menonjolkan fungsi HTML hingga dapat dirancang sesuai konsep dan ide dari sosok perancangnya. HTML bisa berdiri sendiri tanpa CSS, namun tampilan yang dihasilkan akan sangat monoton dan membosankan. Hingga akibatnya dapat ditinggalkan oleh visitor (pengunjung) di website tersebut.

Maka dari itu peran dari suatu HTML harus dilengkapi dengan penggunaan CSS, sekalipun hanya dalam hal-hal yang sederhana saja. CSS juga dapat memberi warna dalam background yang hendak digunakan dalam tampilan di suatu website. Dalam perkembangan penggunaannya, bagian background ini bahkan dapat menggunakan gambar tertentu agar dapat memberi tampilan yang lebih menarik lagi demi meningkatkan visitor. Hanya perlu dipertimbangkan durasi yang dibutuhkan dalam kecepatan koneksi untuk menjalankan website tersebut yang mungkin dapat menjadi lebih berat jika ditambah terlalu banyak ‘embel-embel’.

Mempelajari CSS

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa CSS ini berfungsi dalam memberi tampilan yang lebih menarik dari berbagai variasi elemen yang digunakan pada suatu website. Fungsi CSS ini juga dapat membuat rangkaian HTML dalam suatu website menjadi lebih terstruktur dan mudah untuk dipahami bagi visitornya. CSS itu sendiri dapat dibedakan kedalam dua aspek untuk mempelajarinya secara lebih mendalam:

1. Cara Kerja CSS

CSS bisa dikembangkan hanya untuk mendesain tampilan keseluruhan dari suatu bahasa situs yaitu HTML di website terkaitnya. Sehingga dalam langkah ini, CSS tidak mengurangi isi dari HTML itu sendiri maupun mengubah kontennya. Sebagai salah satu langkah yang dapat dengan mudah diganti dan sesuaikan lagi pun, proses pengubahan desain yang dicantumkan dalam rincian perintah di bagian CSS itu pun dapat diganti dan kembangkan dalam hitungan waktu yang tidak lama.

2. Fungsi CSS

CSS memberi peran yang sangat penting dalam suatu website. Tanpa disertai CSS suatu website akan terlihat sangat membosankan hingga akhirnya ditinggalkan oleh pengunjung rutinnya. Dalam skala bisnis hal ini juga memberi kerugian yang cukup besar bagi perusahaan tersebut. Dimana kondisi perginya pengunjung dari website itu berarti bahwa perusahaan itu akan mulai kehilangan client dan pangsa pasarnya. Seiring dengan perkembangan teknologi, fasilitas pemasaran produk maupun jasa menggunakan jaringan website pun meningkat secara sangat drastis. Akibatnya di masa modern ini, orang yang memahami akan penggunaan berbagai fitur dalam komputer dan internet semakin dicari oleh banyak pihak.

Keuntungan Dari Belajar CSS

Pihak yang mengerjakan CSS biasa disebut sebagai seorang web designer. Dalam praktek langsungnya fungsi ini dapat dikerjakan oleh pihak web designer yang hanya menangani rancangan desain website yang akan dikembangkan beserta kerjasama dengan pihak IT yang merancang bahasa pemrogramannya. Namun banyak juga perusahaan yang mencari sosok yang mengerti kedua hal ini dalam satu orang, yaitu mereka yang mengerti cara menggunakan bahasa pemrograman dan juga cara merancang tampilan website dengan baik untuk menciptakan keindahan yang bisa dipandang mata.

Suatu tampilan desain website yang baik juga dapat meningkatkan faktor psikologis manusia dalam mendorong terjadinya transaksi di website tersebut. Seperti halnya dalam kualitas produk maupun jasa baik yang membuat jumlah transaksi di tempat itu berkembang. Sama halnya seperti peran dari CSS bagi pendorong terjadinya suatu interaksi. Dalam segi pemakainya, CSS ini bermanfaat dalam memberi efisiensi dalam melakukan suatu hal, dalam hal ini perintah yang sama tidak perlu diulang secara terus menerus dalam memberi perintah yang sama untuk dikerjakan dalam website tersebut.

Aneka Jenis CSS

Berikut beberapa jenis dari CSS yang umumnya digunakan oleh website designer dalam bekerja. Pada umumnya jenis dari desain yang umum digunakan dapat dibedakan menjadi tiga macam:

Inline Style Sheet

Jenis ini dapat disebut sebagai perintah pemrograman yang diletakkan pada objeknya. Jika diambil contoh saat kamu mau merubah bentuk font tulisan yang digunakan dalam bagian deskripsi di bagian atas website, maka perintah inline style sheet ini harus menempel pada teks di bagian deskripsi tersebut. Tata cara penggunaan bahasa dalam memberi spesifikasi tampilan biasanya ditambahkan dengan mencantumkan <style> di dekat objek teks tersebut.

External Style Sheet

Mengenai jenis yang satu ini dapat mengubah tampilan keseluruhan dari satu website yang akan dirubah. Bahkan untuk keperluan yang lebih praktis lagi, perintah ini dapat diterapkan untuk berbagai halaman website berbeda yang lainnya. CSS tipe ini sering menggunakan bahasa <link rel> dalam pelaksanaannya.

Embedded Style Sheet

Dan untuk jenis yang terakhir ini biasanya disertai pada halaman yang menggunakan jenis Inline Style Sheet. Untuk jenis ini sering menggunakan bahasa program yang mengapit diantaranya seperti <head> sebelum teks dan diakhiri dengan </head>. Bahasa program ini serta tidak lupa menyertakan cantuman <style>.